Parenting dan Anak
TIPS AGAR ANAK GEMAR MEMBACA

TIPS AGAR ANAK GEMAR MEMBACA
Menumbuhkan minat baca sejak dini pada anak zaman sekarang memang cukup sulit, kecenderungan anak pada handphone membuat kita sebagai orang tua tidak bisa memaksa begitu saja pada anak untuk membaca. Berikut beberapa cara yang efektif membuat anak gemar membaca.

Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, anak-anak masa kini cenderung lebih menyukai menonton televisi dan bermain game. Mereka semakin jauh dari kegiatan membaca dan kegiatan lain yang lebih mendatangkan manfaat positif. Padahal membaca akan membuat anak lebih kaya dalam berkosakata, memperlancar kemampuan berbicara, menambah pengetahuan di luar yang diajarkan orangtua dan lingkungan, menambah motivasi, meningkatkan kreativitas dan dengan membaca akan mempengaruhi karakter anak.
 
Sebaliknya, anak-anak yang kesehariannya hanya diisi dengan menonton televisi dan bermain game, mereka akan berpotensi besar tumbuh menjadi anak yang manja, egois dan individualis.   Menumbuhkan minat baca sejak dini pada anak zaman sekarang memang cukup sulit, kecenderungan anak pada handphone membuat kita sebagai orang tua tidak bisa memaksa begitu saja pada anak untuk membaca.
 
Berikut beberapa cara yang efektif membuat anak gemar membaca:
 

  1. Pertama, sediakan banyak bahan bacaan berupa buku, majalah, komik, koran dan lain sebagainya yang relevan untuk anak, atau buat semacam perpustakan di rumah. Melalui hal tersebut anak telah terbiasa dekat dengan bahan bacaan dan tentunya akan mempermudah anak dalam mengakses bacaan.
 
  1. Kedua, contohkan pada anak meluangkan waktu setiap harinya untuk membaca. Hal ini dapat dilakukan ketika pagi hari sebelum berangkat kerja atau sepulang kerja ketika anak sedang di rumah. Orang tua adalah figur pertama kali yang didolakan anak, apabila idolanya gemar membaca anak otomatis akan menirunya.
 
  1. Ketiga, orangtua harus rajin membacakan buku terhadap anak setiap harinya. Membacakan buku yang memuat hal-hal dunia anak, mulai dari imajiner maupun pengetahuan lain, tentunya disesuaikan dengan umur anak. Intinya hal-hal yang menghibur sekaligus mendidik buah hati. Membacakan buku terhadap anak dapat dilakukan setelah anak selesai belajar, atau sebelum ia tidur. Jadi, orang tua perlu  menciptakan kesan bahwa membaca adalah kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan.
 
  1. Keempat, orang tua perlu menambah intensitas komunikasi dengan anak dengan menceritakan hasil bacaannya. Selain bercerita, orang tua juga meminta diceritakan hasil bacaan anaknya, pengalaman menarik atau hal-hal yang dapat diteladani. Komunikasi semacam itu akan menambah motivasi anak untuk terus menambah bacaan setiap harinya.
 
  1. Kelima, libatkan anak ketika orangtua hendak membeli buku. Ajarkan padanya tentang lebih berharga membelanjakan hasil tabungan untuk membeli buku, ketimbang untuk membeli barang-barang lain yang tidak terlalu penting. Keenam, satu atau dua minggu sekali ajak anak untuk mengunjungi perpustakaan umum atau perpustakaan keliling. Berilah kesempatan kepada anak untuk melihat-lihat koleksi perputakaan tersebut dan meminjamnya untuk dibaca di rumah. Selain itu, orang tua juga dapat merekomendasikan anak sering-sering mengunjungi perpustakaan sekolah, untuk membaca di tempat atau meminjamnya dan dibaca ketika jam istirahat. 
 
Semoga cara ini bermanfaat bagi Ayah dan Bunda yaa :)
 
(Hendrik Efriyadi - Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta).



Tags





Parenting dan Anak Lainnya
Netanyahu: “Geledah seluruh Jamaah Masjidil Aqsa”
Netanyahu: “Geledah seluruh Jamaah Masjidil Aqsa”
Kamis, 27 Juli 2017 09:54 WIB
BAITUL MAQDIS TERJAJAH, Rabu (Safa.ps): Benyamin Netanyahu memberikan instruksi kepada serdadu penjajah Zionis agar menggeledah seluruh jamaah shalat Masjidil Aqsha tanpa terkecuali, semalam (25/7). Keputusan ini datang 24 jam setelah pencopotan detektor logam. Situs berita berbahasa Ibrani, Walla, memberitakan bahwa Netanyahu memerintahkan para serdadunya untuk menggeledah jamaah shalat di Masjidil Aqsha satu persatu menggunakan alat pendeteksi logam. Dengan dalih, demi menjaga keamanan
Adab Mendidik Anak Dalam Islam
Adab Mendidik Anak Dalam Islam
Selasa, 12 November 2013 09:32 WIB
sygmadayainsani.co.id - Anak adalah titipan Allah Swt, perhiasan hidup dan penerus harapan dan cita-cita orang tuanya. Anak ibarat kertas putih, yang bisa diisi dengan tulisan apa saja. Orang tua berperan penting dalam mendidik anak. Karena, melalui orang tualah, anak akan menjadi manusia baik atau
Perjalanan Bisnis Sandiago Uno
Perjalanan Bisnis Sandiago Uno
Senin, 20 Februari 2017 08:53 WIB
Sandi Uno memulai usahanya setelah sempat menjadi seorang pengangguran ketika perusahaan yang mempekerjakannya bangkrut. Bersama rekannya, Sandi Uno mendirikan sebuah perusahaan di bidang keuangan, PT Saratoga Advisor. Usaha tersebut terbukti sukses dan telah mengambil alih beberapa perusahaan lain. Pada tahun 2009, Sandi Uno tercatat sebagai orang terkaya urutan ke-29 di Indonesia menurut majalah Forbes.
Inilah Para Peraih Penghargaan di Annual Meeting 2014
Inilah Para Peraih Penghargaan di Annual Meeting 2014
Jum'at, 21 Februari 2014 08:32 WIB
sygmadayainsani.co.id - Inilah Para Peraih Penghargaan di Annual Meeting 2014. Program Annual Meeting 2014 yang diselenggarakan Sygma Daya Insani (SDI) di Singapura dan Malaysia, selain ajang silaturahmi antara direksi dengan karyawan dan awak sales sebagai ujung tombak penjualan produk SDI, juga di

Perlu Bantuan?

Hai, Saya Nurmala Anda memerlukan bantuan saat belanja produk? Asisten belanja Anda siap membantu Anda, atau Anda membutuhkan informasi lebih lengkap tentang produk-produk kami silahakan hubungi saya.

Hubungi Saya Tentang Saya